Senin, 06 Februari 2012

Gerhana matahari total *Transit Venus* bukan gerhana akibat bulan :)

Transit Venus 2012
Transit Venus 2012
Gerhana Matahari terjadi bila permukaan Matahari yg menghadap ke kita tertutup oleh benda lain, misalnya Bulan. Nah, di 2012 ini setidaknya ada dua gerhana Matahari pada 21 Mei dan 14 Nop, namun kita di Indonesia hanya kebagian sisanya saat sunrise, itupun hanya di wilayah timur. Mau puas melihat Gerhana Matahari, dan ‘Total’ (atau sebagian ya..?); mari kita tunggu tgl 6 Juni 2012, mulai Matahari Terbit sampai Dhuhur. Tapi bukan oleh Bulan namun oleh planet Venus. Tenarnya dikenal dengan nama Transit Venus..


Transit Venus:
Disebut Transit Venus, karena planet Venus sedang melintasi permukaan Matahari yang bisa kita saksikan dari Bumi. Jadi posisi Venus di antara Bumi dan Matahari. Makanya saya sebut Gerhana Matahari ‘Total’ oleh planet Venus, karena perilaku Venus mirip Bulan saat terjadi Gerhana Matahari Total itu. Jadi gerhana Matahari sebenarnya bisa oleh siapa saja, bukan hanya oleh (si-Luna) Rembulan itu.
Karena hanya melintas, maka disebutlah transit. Selama transit, Venus dapat terlihat dari Bumi sebagai bulatan hitam kecil yang bergerak melintasi wajah Matahari yang jauh lebih besar. Warna Matahari yg memerah, sementara warna Venus hitam gelap. Pemandangan yang sangat indah dan menawan. Lamanya transit tersebut biasanya diukur dalam jam (transit tahun 2004 berlangsung enam jam, tahun 2012 ini sekitar 6,5 jam).
Venus saat transit
Venus saat transit
Transit mirip dengan gerhana matahari oleh Bulan. Karena diameter Venus hampir empat kali dari diameter Bulan, maka Venus tampak lebih kecil, dan gerakannya tampak lebih lambat di seluruh permukaan Matahari, karena saking jauhnya jarak Venus dari Bumi.
Pengamatan transit Venus membantu para ilmuwan dalam menggunakan prinsip paralaks untuk menghitung jarak antara Matahari dan Bumi.
Transit Venus adalah salah satu fenomena astronomi paling langka diprediksi. Fenomena ini terjadi dalam pola yang berulang setiap 243 tahun, dengan pasang transit delapan tahun dengan rentang waktu sekitar 121,5 tahun dan 105,5 tahun. Periodisitas ini adalah refleksi dari fakta bahwa periode orbit Bumi dan Venus dekat dengan 8:13 dan 243:395 resonansi.
Sebelum 2004, pasangan terakhir transit terjadi padai Desember 1874 dan Desember 1882. Berikutnya sepasang transit Venus terjadi pada awal abad ke-21 berlangsung yg berlangsung pada tanggal 8 Juni2004 dan berikutnya  pada tanggal 6 Juni 2012 ini. Setelah2012, transit Venus berikutnya akan terjadi pada Desember 2117 dan Desember 2125.
Transit Venus dapat diamati secara aman dengan cara yang sama digunakan saat mengamati fase parsial dari gerhana matahari. Menatap piringan terang Matahari  (fotosfer) dengan mata tanpa filter dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius dan bisa jadi permanen.
Observasi Transit Venus di Surakarta:
Fenomena ‘gerhana matahari by venus’ 2012 bisa diamati dari seluruh Indonesia. Dari Solo Raya, pengamatan akan dipusatkan di Observatorium PPMI Assalaam; terbuka untuk umum dan diutamakan pelajar dan para guru. Insya Alloh disiapkan teleskop yg sudah dilengkapi filter matahari dan akan disiarkan secara live via internet.
Insya Alloh, alamat live ada di link ini:
Berikut peta transit Venus 2012, by Fred Espenak-NASA:
Peta saat Transit Venus melintasi wajah sang Surya
Peta saat Venus melintasi wajah sang Surya
Dari kota Solo, fenomena ini akan bisa diamati sejak selepas Matahari terbit (sekitar jam 05:13 WIB sudah masuk piringan Matahari), sampai saat Matahari di atas kepala sekitar jam 11:47 WIB. Puncaknya terjadi pada jam 08:09 WIB.
Observasi Transit Venus Pertama:
Pengamatan ilmiah pertama dari transit Venus dilakukan oleh Yeremia Horrocks dari rumahnya di Carr House di Much Hoole, dekat Preston di Inggris, pada 4 Desember 1639 (24 November menurut kalender Julian yg kemudian digunakan di Inggris).
Observasi Transit Venus pertama kali
Observasi Transit Venus pertama kali
Temannya, William Crabtree, juga mengamati fenomena ini dari Broughton, dekat Manchester. Kepler telah meramalkan transit Venus di tahun 1631 dan 1761 dan nyaris di 1639. Horrocks telah mengoreksi perhitungan Kepler untuk orbit Venus dan menemukan bahwa transit Venus akan terjadi pada pasangan 8 tahun – an, dan meramalkan transit di 1639. Meskipun ia tak yakin waktu yang tepat, ia menghitung bahwa transit itu akan dimulai sekitar 03:00.
Horrocks fokus citra Matahari melalui teleskop sederhana yg diproyeksikan ke selembar kertas, di mana gambar dapat dengan aman diamati. Setelah mengamati sepanjang hari, ia beruntung bisa melihat transit seperti awan yg menutupi Matahari hingga sekitar pukul 3:15 sore, hanya setengah jam sebelum matahari terbenam.
Pengamatan Horrocks bisa digunakan untuk mengetahui data tentang Venus; seperti ukuran Venus, serta membuat perkiraan jarak antara Bumi dan Matahari. Dia memperkirakan jarak Matahari dari Bumi kisaran 59,4 juta mil (95,6 Gm, 0,639 AU) - sekitar dua pertiga jarak yang tepat dari 93 juta mil (149.600.000 km), tetapi angka ini yang paling akurat saat itu.
Namun, pengamatan Horrocks ’tidak dipublikasikan sampai1661, juga setelah kematiannya… sayang sekali.
Transit Venus yang akan datang (dalam WIB):
Kalau event 2012 ini kita tidak bisa melihatnya, maka kita harus sabar menunggu event serupa di tahun-tahun berikut ini….(rata-rata : pagi-siang)
  1. 11 Des 2117,
  2. 8 Desember 2125,
  3. 11 Juni 2247,
  4. 9 Juni 2255,
  5. 13 Desember 2360,
  6. 10 Desember 2368,
  7. 12 Juni 2490,
  8. 10 Juni 2498,
  9. dst….
Media Pengamatan Matahari:
Bahan: Kertas kardus/manila; Lem, Foil atau mika gelap.
Nama alat: Topeng Matahari (diganti topi ya gpp)
Topeng Observasi Matahari
Lubang kecil di Topeng Observasi Matahari
Sosialisasi Astronomi:
Mestinya, media bisa menjembatani dan menjadi pintu untuk publik agar semua fenomena alam khususnya yg berbau astronomi bisa diketahui sebelumnya dan sesudahnya; peliputan media ini menjadi sangat penting.
Hanya di Indonesia, saya melihat peran media belum optimal. Untuk kasus Solo Raya, alhamdulillah media yg saya hubungi selalu memberikan respon yg cepat dan memuat liputannya di media massa.
Media dan Astro Event
Media dan Astro Event di luar Indonesia

Poster Transit Venus 2012:
The Transit of Venus 2012
The Transit of Venus 2012
 Video Youtube :
 
Sumber :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komenar anda mengenai postingan ini ..
Diharapkan TIDAK SARA,KASAR,dan sebagainya ..

Entri Populer